Wednesday, December 17, 2008

Pengalaman keberhasilan bayi tabung - keluarga Vie

Hai salam kenal semuanya,
aku salah satu penderita endometriosis n aku udah 2 kali menjalalani operasi laparaskopi. Pada L/O pertama kali ditemukan ada 3 endo sebesar -/+ 6 cm n dinyatakan stadium 2, pada saat itu aku disuntik obat zoladex untuk 3bln yang fungsinya sama dgn tapros.Tetapi aku baru mendapatkan mens setelah 6 bln.

Aku termasuk orang yang rajin kontrol ke dr, hampir 2bln sekali aku pasti cek untuk kontrol, tetapi setelah 1thn dari aku L/O pertama kali, aku didiagnosa kalo endoku muncul lagi n aku harus di L/O lagi. Pada saat itu aku kesal sekali dengan dr-ku, karna dia pelit sekali untuk memberi informasi ttg keadaanku n selalu mngatakan untuk cepat hamil tapi dia sendiri tidak pernah memberi solusi untuk obat atau cara apa supaya saya cepat hamil, malah dia blg, kamu harus cepat hamil, walopun penderita endo sulit hamil. Jelas aja aku kesal bgt ama dia n akhirnya aku memutuskan untuk ganti dr.

Akhirnya kami memutuskan untuk ke dr. Andriono di Bunda n dia mengatakan endoku tidak perlu di operasi dulu karna masih 3cman n dia memberikan vit.e, agar saya bisa hamil. Tapi berhubung aku blm hamil juga n endoku bertambah besar, beliau menyarankan agar aku inseminasi dgn dr.Ivan di BIC.

Setelah ke dr.Ivan, beliau mengatakan kalo aku harus L/O dulu supaya bersih n diliat keadaan dalamnya. akhirnya Juni 2008, aku melakukan L/O n didapat 2 endo n stadium 4 dgn kondisi endo sudah berat, jenisnya aktif sekali. Beliau juga bilang kalo aku inseminasi dgn keadaan spt ini, kemungkinannya kecil sekali n menyarankan untuk program BT.

Setelah L/O, aku disuntik tapros selama 3bln n mulai semprot synarel tgl 6 okt, dilanjutkan dengan suntik gonal 300iu selama 9 hari, tapi karna endoku parah bgt, telur yang aku dapat hanya 6 krn mnrt dr ukuran telur sudah cukup, maka dijadwalkan tgl 27 okt dilakukan OPU.

Pada saat OPU, saya tidak merasakan sakit apapun, karna dibius..hehe malahan sangking keenakan ama obat bius, aku gak sadar2 ampe 2jam, hampir aja aku disuntik supaya bgn ama suster, tapi karna suamiku gak mau aku kebanyakan disuntik, suamiku bisikin aku supaya cepat bgn kalo gak bakalan disuntik. Ternyata bisikan suamiku manjur juga, aku lgs sadar, alhasil obat yg sudah diambil dari apotek dibalikikn lagi dech..hehe. Oya pada saat OPU telur yang diambil hanya 4, karna yang 2 posisinya sulit untuk diambil.

Tgl. 30 Okt, aku Et, telur yang berhasil menjadi embrio hanya 3 n semuanya dimasukkan, sempat sedih juga gak punya cadangan embrio tapi aku berusaha cuek aja, sampe2 sblm et, suster2 n org lab bilang kalo kemungkinan besar aku bisa berhasil karna mereka liat aku bener2 santai n becanda mulu ma suamiku. Krn menurut mereka, hampir semua org yang berhasil adalah org2 yang santai. Pas ET suamiku ikut menyaksikan semua prosesnya, dia sampe terharu ngeliat embrio melalui usg yg sudah dimasukkan ke dlm rahimku.
Setelah ET aku bnr2 sante2 di kamar, semua serba dilayanin, asyik de, bagaikan ratu…hehe
aku keluar kamar hanya saat mo BAK or BAB. n aku juga selalu minum susu anmum n jus buah.

Akhirnya tgl 12 nov, waktu yang menegangkan….
hari ini aku test urin n tes hcg…pada saat aku menunggu hasil urin, saya n suami bener2 tegang n tiba2 dr Augustine sms suamiku, bilang kalo hasil urinku positif, tanpa sadar suamiku teriak2 di bunda “vie kamu positif, kamu positif” aku langsung merinding satu badan n kami berdua sama2 mo nangis… mungkin org2 yang ngeliat kami b2 pada bingung, karna suamiku teriaknya kenceng bgt… haha n pada mlmnya dr Augustine mengabarkan kalo hasil hcgku 678,1 n dia mengatakan kemungkinan kembar, kami bener2 seneng bgt…n 2 minggu lagi saya baru disuruh usg… mohon doanya ya teman2 supaya semuanya berjln lancar.

oya tips buat temen2 yang lagi or akan menjalankan BT, jangan stress, santai aja, biarkan semua berjalan apa adanya… karna kalo qta stress itu berpengaruh bgt lo… pedomannya adalah…enjoy aja… kaya diiklan gt de.. hehe

Semoga ceritaku ini bisa menambah semangat buat temen2 yang lagi or akan ngejalanin BT.

Sumber

3 comments:

Unknown said...

Hi Vie, salam kenal.. Selamat yaa atas kehamilannya :) Boleh tau ngga kamu di LO nya sama Dr. Ivan sendiri atau dirujuk ke dokter lain? Timakasi sebelumnya.

ana said...

Hello kak vie...ana terharu banget baca kisah kebehasilan bayi tabung kak vie....ana harap kak vie bisa share lebih banyak tentang persiapan bayi tabung kak vie..

Unknown said...

Halo,
Saya baru kemarin transfer embryo. Kami tinggal di Stockholm. Sayangnya, tidak ada penjelasan detail mengenai apa2 yang harus dilakukan setelah ET,kecuali konsumsi obat vaginal lutinus.
Telur yang berhasil 9, 5 dibuahi, hanya 4 yang jadi embrio dan hanya 2 yang dikatagorikan grade B (5sel hari ke 3 setelah pengambilan telur). Sementara ini saya akan banyak istirahat, konsumsi obat, makan2an bergizi dan (mencoba) relax/santai =))).
Thanks atas masukan 'relax'nya.. =)