Tuesday, November 25, 2008

Kista Ovarium

Nyeri yang sangat luar biasa pada saat haid/menstruasi bisa jadi merupakan pertanda adanya kista didalam rahim anda. Kista merupakan kantung yang berisi cairan yang bisa terdapat dimana saja di tubuh manusia. Di ovarium bisa terbentuk berbagai macam kista. Yang paling sering terbentuk adalah kista fungsional yang terbentuk saat siklus haid normal. Apabila folikel/kantung kecil didalam rahim yang berisi sel telur dan cairan tidak pecah saat menstruasi, besar kemungkinan kista tersebut akan terus tumbuh dan berkembang menjadi ganas.
Kista pada ovarium dapat di deteksi dengan melakukan pemeriksaan panggul rutin. Dokter akan dapat meraba adanya pembesaran pada induk telur, dan apabila ditemukan keganjilan maka tahap selanjutnya akan di lakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Untuk mengetahui apakah kista tersebut jenis kanker atau bukan, anda harus melakukan tes darah, CA-125.

Berikut adalah gejala kista ovarium:
1. Haid terlambat dan ketika timbul disertai nyeri yang luar biasa.
2. Nyeri atau perasaan penuh tekanan pada perut.
3. Serangan nyeri mendadak pada bawah perut terutama pada saat haid.
4. Tumbuh rambut di daerah wajah dan bagian tubuh lainnya.
5. Gangguan buang air kecil dan sulit buang air besar.

Selama wanita masih memproduksi sel telur, potensi tumbuh kista akan tetap ada.
Gaya hidup dan pola makan yang sehat, menghindari stress dan berolah raga teratur, memperkecil kemungkinan terjadinya kista ganas dalam rahim anda
Sumber

No comments: