Tuesday, November 25, 2008

Risoles bule


Risoles bule ini adalah salah satu cemilan favorit keluargaku juga teman-temanku. Biasanya sih, kalau udah nyobain, pasti ketagihan mau makan lagi, gak cukup 2-3 potong :p
Ini juga merupakan salah satu resep "andalanku" saat ada acara2 di KJRI (Konsulat Jendral RI) atau saat menjamu tamu.
Namanya risoles bule karena isinya lain dari risoles yang biasanya. Risoles ini di isi dengan mayonaise, daging asap dan telur. Bule banget kaan ;)
Resep ini aku dapatkan dari seorang teman, yang konon dari temannya yang lain, jadi sumbernya gak tau deh dari mana (maaf ya, buat pemilik resep). Cara membuatnya sangat mudah. Aku sajikan disini resepnya, namun sayangnya aku gak memakai takaran yang kira2, karena sudah sangat terbiasa jadi hanya pakai "feeling" aja dan alhamdulillah selalu enak. Jadi bagi pengunjung yang ingin mencoba membuat resep ini, mungkin harus trial n error untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Tapi yang pasti, rasanya lezzzzzaaaat. gak nyesel deh udah bikin :)

Bahan kulit:
- Tepung terigu 500 gram
- Telur 4 butir
- Susu cair secukupnya
- Garam

Isi:
- Mayonaise
- Telur, di rebus. 1 telur di potong delapan.
- Daging asap / french polony.

Tambahan:
- Tepung roti/panir
- Telur untuk memoles
- Minyak goreng

Cara membuat:
Buat lubang diantara tengah2 tepung dan masukan telur yang sudah dipecahkan + garam kedalamnya. Aduk rata. Masukan susu cair sedikt2 sampai adonan rata dan tidak ada gumpalan lagi. Jangan sampai adonan terlalu encer.
Diamkan selama 30menit.

Panaskan teflon datar ukuran sekitar dia.20cm. Tuang satu sendok sayur adonan kedalamnya sambil diputar2 merata memenuhi permukaan teflon. Masak hingga matang, sekitar 2-3menit tergantung panas dan besarnya api.

Setelah kulit risoles selesai dibuat, bentang satu kulit risoles isi dengan 1 sdt (atau sesuai selera) mayonaise, tambahkan sepotong (1/8) telur rebus dan daging asap yang telah dipotong2.
Lipat dan gulung, seperti melipat amplop.
Celupkan ke dalam telur yang di kocok asal, lumurin dengan tepung roti/panir.
Kerjakan semuanya sampai kulit risoles habis.

Simpan di lemari es sekitar 30 menit - 1 jam. Goreng dengan minyak panas sampai berwarna kekuningan.

Note:
Apabila masih sisa yang belum digoreng, bisa di simpan di wadah tertutup dalam lemari es hingga 1 minggu, dan digoreng kemudian saat diinginkan.

No comments: